Analisa anggaran usaha Anda Cara Mudah Menyusun dan Mengevaluasi Anggaran |
Accounting Media - Setelah membaca artikel tentang Pengertian Perilaku Konsumen. Kali ini saya akan menjelaskan tentang faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku konsumen tersebut.
Ada dua dari
faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku konsumen, yaitu kekuatan sosial budaya dan kekuatan
psokologis. Kekuatan
sosial budaya terdiri dari faktor budaya, tingkat
sosial, kelompok anutan (small reference groups) dan keluarga. Sedangkan kekuatan pisokologis terdiri dari
pengalaman belajar, kepribadian, sikap dan keyakinan, gambaran diri.
1.
Kekuatan Sosial Budaya
a. Faktor
budaya
Budaya dapat di definiskan sebagai
hasil kreativiras manusia dari satu generasi ke generasi lainnya yang sangat
menentukan bentuk perilaku dalam kehidupan sebgai anggota masyarakat.
Implikasi umum dari perubahan
budaya untuk ahli permasalahan adalah sebagai berikut :
1. Pisikologis
untuk cenderung bebas dari ketidak amanan ekonomis.
Konsumen menunjukan :
a. Kecenderungan
kearah meningkatkan kekuatan fisik
b. Kecenderungan
kearah personalisasi
2. Kecenderungan
pada paham antifungisonal.
Konsumen menunjukan :
a. Kecenderungan
kearah aliran romantis baru
b. Kecenderungan
ke arah suatu yang baru dan suatu perubahan
3. Kecenderungan
rekasi melawan komplekasi
Konsumen menunjukan :
a. Kecenderungan
ke arah hidup sederhana
b. Kecenderungan
kembali kepada alam
b. Faktor
Kelas Sosial
Kelas sosial didefiniskan sebagai
suatu kelompok yang terdiri dari sejumlah orang yang mempunyai kedudukan yang
seimbang dalam masyarakat.
c. Faktor
kelompok anutan (small reference groups)
Didefinisikan sebagai sutau
kelompok orag yang mempengaruhi sikap, pendapat, norma dan perilaku kinsmen.
Kelmpok ini merupakan kumpulan
keluarga, kelompok atau organisasi tersebut.
d. Faktor
keluarga
Sutau unit masyarakat kecil yang
perilaku sangat mempengaruhi dan menentukan dalam pengambilan keputusan
membeli.
2.
Kekuatan Faktor Pisikologis
a. Faktor
pengalaman kerja
Belajar adalah satu perubahan
perilaku akibat penalaman sebelumnya.
Perilaku konsumen dapat dipelajari
karena sangat dipengaruhi oleh pengalam belajarnya. Pengalaman belajar konsumen
akan menentukan tindakan keputisan membeli.
b. Faktor
Kepribadian
Kepribadian konsumen sangat
ditentukan oleh faktor internal dirinya. Pelayanan yang di tampilkan pramuniaga
toko sangat pila dipengaruhinya.
c. Faktor
sikap dan keyakinan
Sikap dan keyakinan sangat berpengruh dalam
menenentukan siatu produk, merk dan pelayanan. Keyakinan komsumen terhadap sutu
merk dapat di ubah mealaui kominikasi persuasife.
d. Konsep
diri atau self concept
Perlu menciptakan sesuatu yang sesuai
dengan yang di harapkan oleh konsumen.
Tags
:
Ekonomi