Analisa anggaran usaha Anda Cara Mudah Menyusun dan Mengevaluasi Anggaran |
Accounting Media - Dalam mengenal konsumen
kita perlu mempelajari perilaku konsumen sebagai perwujudan dari seluruh
aktivitas jiwa manusia itu sendiri. Adapun
yang mempengaruhi factor-faktor perilaku konsumen yaitu : Kekuatan sosial budaya terdiri dari
faktor budaya, tingkat sosial, kelompok anutan (small
reference groups), dan keluarga. Sedangkan
kekuatan pisikologis terdiri dari pengalaman belajar, kepribadian, sikap dan
keyakinan.
Konsumen adalah
seseorang yang mengkonsumsi suatu barang atau jasa. Kegiatan konsumen adalah seseorang atau
kelompok yang melakukan serangkaian kegiatan
konsumsi barang atau jasa.
Maka konsumsi
seseorang itu tergantung pada : pendapatan, pendidikan kebiasaan dan kebutuhan.
Adapun
pengetrian perilaku konsumen, yaitu tingkah laku dari konsumen, dimana mereka
dapat mengilustrasikan untuk membeli, menggunakan, mengevaluasi dan memperbaiki
dan memperbaiki sutu peroduk dan jasa mereka. Fokus dari perilaku konsumen
adalah bagai mana individu membuat keputusan untuk mengkonsumsi suatau barang.
James F Engel
Perilaku
konsumen didefinisikan tindakan-tindakan individu secara langsung terlibat
dalam usaha memperoleh dan menggunakan barang-barang jasa ekonomi termasuk
proses pengambilan kepustusan yang mendahului dan menentukan tindakan-tindakan
tersebut (1988:8)
David L Loundon
Perilaku
konsumen dapat didefinisikan sebagai proses pengambilan keputusan dan aktivitas
individu secara fisik yang dilibatkan dalam mengevaluasi, memperoleh,
menggunakan atau dapat mempergunakan barang-barang atau jasa (1984:6)
Gerald Zaltman
Perilaku konsumen
adalah tindakan-tindakan, proses dan hubungan sosial yang di lakukan oleh
individu, kelompok dan organisasi dan mendapatkan, menggunakan suatu produk
atau lainnya sebagai sutu akibat dari pengalaman dengan produk, pelayanan dan
dumber-sumber lainya. (1979:6)
Dari beberapa definisi
tersebut di atas maka dapat di tarik suatu kesimpulan bahwa perilaku konsumen
adalah tindakan-tindakan yang dilakukan oleh individum, kelompok, atau
organisasi yang berhubungan dengan proses pengambilan keputusan dalam mendapakan,
menggunakan barang-barang atau jasa ekonimi yang dafat di pengaruhi linkungan.
Perilaku
konsumen yaitu, perilaku yang kosumen tujukan dalam
mencari, menukar, menggunakan, menilai mengatur, barang atau jasa yang mereka
anggap akan memuaskan kebutuhan mereka.
Variabel-variabel dalam mempelajari
perilaku konsumen yaitu :
a. Variabel
Stimulus
Variabel stimulus merupakan
variabel yang berada di luar diri individu
(faktor eksternal) yang sangat berpengaruh dlam proses pembelian.
Contohnya merek dan jenis barang, iklan pramuniaga.
b. Variabel
Respon
Variabel Respon merupakan hasil
aktipasi indifidu sebagai reaksi dari variabel stimulus. Variablel Respon
sangat bergantung pada faktor individu dan kekuatan stimulus contohnya
keputusan membeli barang, pembeli penilaian terhadap barang
c. Variabel
Interverning
Variabel Interverning adalah variabel
antara variabel stimulus dan respons variabel intervening individu, termasuk
motif-motif membeli, sikap terhadap suatu peristiwa, dan persepsi terhadap suatu barang.
Tags
:
Ekonomi