Analisa anggaran usaha Anda Cara Mudah Menyusun dan Mengevaluasi Anggaran |
Accounting Media – Bauran Pemasaran (Marketing Mix) merupakan seperangkat
variabel pemasaran yang dapat dikendalikan dan dapat dipadukan untuk mencapai
tujuan pemasaran sesuai dengan target pasarnya. Bauran pemasaran meliputi empat
variabel penting dalam pemasaran, yang dikenal dengan 4P, yaitu produk (product), harga (price), tempat atau saluran distribusi (place), dan promosi (promotion).
Berikut adalah penjelasan dari
masing-masing variabel tersebut.
1. Produk
(Product)
Produk mencerminkan kombinasi
barang dan/atau jasa yang ditawarkan perusahaan kepada pasar. Produk adalah
segala sesuatu yang dapat ditawarkan kepada pasar untuk digunakan dan
dikonsumsi sehingga dapat memenuhi keinginan konsumen.
2. Harga
(Price)
Harga mencerminkan pengorbanan yang
harus dilakukan konsumen untuk mendapatkan dan menggunakan suatu produk. Keputusan
harga merupakan keputusan strategis karena berhubungan erat dengan posisi
produk di pasar dan menjadi penopang keunggulan bersaing perusahaan. Faktor internal
penting yang mempengaruhi keputusan penetapan harga adalah: tujuan perusahaan,
strategi, biaya, dan pertimbangan organisasional. Sedangkan faktor eksternal
meliputi: pasar dan permintaan, harga pesaing, dan faktor-faktor eksternal
lainnya.
3. Tempat
(Place)
Tempat atau saluran distribusi
berkaitan dengan usaha perusahaan menjadikan sebuah produk selalu siap tersedia
untuk para konsumen dalam jumlah dan waktu yang tepat. Ada beberapa tingkatan
dalam saluran pemasaran mulai dari agen (distributor) sampai dengan toko-toko
pengecer (peritel).
4. Promosi
(Promotion)
Promosi mencerminkan berbagai
aktivitas untuk mengkomunikasikan dan mensosialisasikan keunggulan-keunggulan
produk kepada konsumennya.
Variabel-variabel
bauran pemasaran tersebut dapat dipakai sebagai dasar untuk menetapkan suatu
strategi dalam usaha untuk mendapatkan posisi yang kuat di pasar. Tetapi dalam
pelaksanannya, bauran pemasaran tersebut harus dapat disesuaikan dengan kondisi
yang ada atau bersifat fleksibel.
Tags
:
Ekonomi