Analisa anggaran usaha Anda Cara Mudah Menyusun dan Mengevaluasi Anggaran |
Accounting Media – Pemasaran (Marketing) adalah kegiatan kelangsungan
aliran barang-barang dan atau jasa-jasa dari produsen kepada konsumen atau
pengguna (Activities directing the flow
of goods and services from producer to consumer or user).
Philip Kotler mendefinisikan pemasaran adalah suatu proses social dan
manajerial dimana individu dan kelompok memperoleh apa yang mereka butuhkan dan
inginkan dengan cara menciptakan serta mempertukarkan produk dan nilai dengan
pihak lain.
Menurut Philip
Kotler dan Amstrong pemasaran adalah
sebagai suatu proses sosial dan managerial yang membuat individu dan kelompok
memperoleh apa yang mereka butuhkan dan inginkan lewat penciptaan dan
pertukaran timbal balik produk dan nilai dengan orang lain.
Menurut W
Stanton pemasaran adalah sistem
keseluruhan dari kegiatan usaha yang ditujukan untuk merencanakan, menentukan
harga, mempromosikan dan mendistribusikan barang dan jasa yang dapat memuaskan
kebutuhan pembeli maupun pembeli potensial.
Pemasaran bisnis kecil meliputi berbagai
aktivitas bisnis yang berkaitan langsung dengan:
a. Mengenali pasar (identifying a target market)
b. Menetapkan potensi pasar target (determining target market potential)
c. Penyiapan, pengomunikasian, dan
pengiriman berkas kepuasan kepada pasar target
(preparing, communicating, and
delivering a bundle of satisfaction to the target market)
Dari pengertian
di atas dapat disimpulkan bahwa pemasaran
adalah upaya untuk memenuhi kebutuhan konsumen melalui penciptaan produk dan
ataupun jasa yang kemudian dinikmati atau dibeli oleh mereka yang membutuhkan
melalui suatu proses tukar-menukar. Penciptaan produk dan atau jasa tersebut didasarkan
pada permintaan dan penawaran.
Kelompok pasar
menurut Kasmir, (2006), meliputi:
1. Pasar konsumen, adalah pasar dimana individu dan
rumah tangga dapat membeli atau memperoleh barang dan atau jasa untuk
dikonsumsi sendiri.
2. Pasar industri, adalah pasar dimana pihak-pihak
(perusahaan) yang membeli barang dan atau jasa menggunakannya kembali untuk
menghasilkan barang dan atau jasa atau disewakan kepada pihak lain untuk
mengambil untung.
3. Pasar reseller, adalah pasar yang terdiri atas
individu dan organisasi yang melakukan penjualan kembali barang dan atau jasa
untuk mendapatkan keuntungan.
4. Pasar pemerintah, adalah pasar yang terdiri atas
unit-unit pemerintah yang membeli atau menyewa barang dan atau jasa untuk
melaksanakan fungsi utama pemerintahan, baik pusat maupun daerah.
5. Pasar internasional, adalah pasar produk dan atau
jasa yang terdiri atas pasar antarnegara atau pasar internasional (ekspor
impor).
Tags
:
Marketing