Analisa anggaran usaha Anda Cara Mudah Menyusun dan Mengevaluasi Anggaran |
Accounting Media – Penawaran Agregat (aggregate supply) adalah jumlah seluruh
barang akhir dan jasa-jasa di dalam perekonomian yang dijual atau ditawarkan
oleh perusahaan-perusahaan pada berbagai tingkat harga. Dengan kata lain, dapat
dikatakan bahwa penawaran agregat itu pada dasarnya merupakan nilai total dari
seluruh barang akhir dan jasa-jasa yang dihasilkan dalam perekonomian.
Penawaran agregat di dalam suatu
perekonomian dipengaruhi oleh beberapa faktor, yaitu:
a. Besarnya
angkatan kerja (size of the labor force)
b. Besarnya
stok capital (size of the capital stock)
c. Keadaan
atau tingkat teknologi (state of
technology)
d. Tingkat
pengangguran alamiah (natural rate of
unemployment)
e. Harga
faktor-faktor produksi
Berkaitan dengan penawaran agregat ini,
penting untuk membedakan antara penawaran agregat jangka pendek (short-run aggregate supply, SRAS) dan
penawaraan agregat jangka panjang (long-run
aggregate supply, LRAS). Pengertian penawaran agregat yang telah dijelaskan
di atas adalah dalam artian penawaran agregat jangka pendek. Sedangkan penawaran
agregat jangka panjang lebih menunjuk kepada jumlah output riil yang ditawarkan
ketika harga-harga dan upah telah disesuaikan sedemikian rupa sehingga
masing-masing perusahaan memproduksi output yang memaksimalkan keuntungannya
dan perekonomian berada pada tingkat kesempatan kerja penuh (full employment). Penawaran agregat
jangka panjang dipengaruhi pula oleh faktor-faktor yang mempengaruhi SRAS,
kecuali harga faktor produksi. Dengan asumsi hal-hal lainnya tetap, maka
apabila semakin besar jumlah angkatan kerja, semakin rendah tingkat
pengangguran alamiah, semakin besar jumlah stok capital, dan semakin produktif
teknologi yang tersedia, maka akan semakin besar pula penawaran agregat jangka
panjang.
Tags
:
Makro Ekonomi