Analisa anggaran usaha Anda Cara Mudah Menyusun dan Mengevaluasi Anggaran |
Accounting Media – Biaya nonproduksi
adalah biaya yang berkaitan dengan fungsi desain, pengembangan, pemasaran,
distribusi, layanan pelanggan, dan administrasi umum. Biaya nonproduksi sering
dibagi dalam dua kategori umum: biaya penjualan yang mencakup biaya pemasaran,
distribusi, layanan pelanggan; dan biaya administrasi yang mencakup biaya
desain, pengembangan, dan administrasi umum.
Untuk pelaporan keuangan eksternal,
biaya penjualan dan administrasi disebut biaya yang tidak dapat diinventarisasi
(noninventoriable cost) dibebankan
dalam periode waktu terjadinya. Jadi, biaya-biaya ini tidak ada satu pun yang
dapat dibebankan pada produk atau muncul sebagai bagian dari nilai persediaan
yang dilaporkan pada neraca. Pada perusahaan manufaktur, biaya ini dapat
mencapai jumlah yang signifikan (biasanya lebih besar 25% dari pendapatan
penjualan). Pada organisasi jasa, kepentingan relative dari biaya penjualan dan
administrasi bergantung pada sifat jasa yang dproduksi.
Biaya-biaya yang diperlukan untuk
memasarkan, mendistribusikan, dan melayani produk atau jasa merupakan biaya
pemasaran (penjualan). Contoh biaya penjualan mencakup gaji dan komisi tenaga
penjual, iklan, pengundangan, pengiriman, dan layanan pelanggan. Seluruh biaya
yang berkaitan dengan penelitian, pengembangan, dan administrasi umum pada
organisasi yang tidak dapat dibebankan dalam pemasaran ataupun produksi,
dikelompokkan sebagai biaya administrasi. Administrasi umum bertanggungjawab
dalam memastikan bahwa berbagaai aktivitas organisasi terintegrasi secara tepat
sehingga misi perusahaan secara keseluruhan dapat terealisasi. Contoh biaya
administrasi umum adalah gaji eksekutif puncak, biaya jasa konsultasi hukum,
pencetakan laporan tahunan, dan akuntansi umum. Biaya penelitian dan
pengembangan adalah biaya yang berkaitan dengan desain pengembangan produk
baru.
Tags
:
Biaya