Analisa anggaran usaha Anda Cara Mudah Menyusun dan Mengevaluasi Anggaran |
Accounting Media – “Manajemen Strategi”
terdiri atas dua suku kata yang dapat dipilah menjadi kata “manajemen” dan “strategi”.
Sebelum menjelaskan mengenai Manajemen Strategi, kita harus memahami terlebih
dahulu mengenai definisi atau pengertian dari kedua suku kata tersebut.
Definisi manajemen diambilkan dari
definisi yang diungkapkan oleh Nawawi (2003:52) yaitu: Manajemen merupakan serangkaian proses yang terdiri atas perencanaan (planning), pengorganisaian (organizing), pelaksanaan (actuating), pengawasan (controlling), dan penganggaran (budgeting).
Sedangkan kata yang kedua adalah “strategi”
yang berasal dari bahasa Yunani strategos
atau strategeus. Strategos berarti
jenderal, namun dalam Yunani Kuno sering berarti perwira tinggi dengan fungsi
yang luas (Salusu 2003:85). Pendapat lain mendefinisikan “strategi” sebagai
kerangka kerja (framework), teknik
dan rencana yang bersifat spesifik atau khusus (Rabin dkk., 2000). Hamel dan
Prahalad dalam Umar (2002) menyebutkan kompetensi inti sebagai suatu hal yang
penting. Mereka mendefinisikan strategi sebagai berikut: Strategi merupakan tindakan yang bersifat incremental (senantiasa
meningkat) dan terus menerus, serta dilakukan berdasarkan sudut pandang tentang
apa yang diharapkan oleh para pelanggan di masa depan.
Jadi, apabila dijadikan satu kesatuan Manajemen Strategi merupakan pendekatan
sistematis untuk memformulasikan, mewujudkan, dan mengawasi strategi (Toft
dalam Rabin dkk., 2000:1). Pendapat lain dikemukakan oleh Thompson (2003)
sebagai berikut:
Manajemen
Strategi merujuk pada proses manajerial untuk membentuk visi strategi,
penyusunan objektif, penciptaan strategi mewujudkan dan melaksanakan strategi
dan kemudian sepanjang waktu melakukan penyesuaian dan koreksi terhadap visi,
objektif strategi dan pelaksanaan tersebut.
Sedangkan Siagian (2004) mendefinisikan
Menejemen Strategi sebagai berikut:
Manajemen
strategi merupakan serangkaian keputusan dan tindakan mendasar yang dibuat oleh
manajemen puncak dan diimplementasikan oleh seluruh jajaran suatu organisasi
dalam rangka pencapaian tujuan organisasi tersebut.
Dari kedua definisi tersebut dapat
disimpulkan bahwa Manajemen Strategi adalah
proses manajerial yang berisi serangkaian keputusan dan tindakan mendasar yang
ditetapkan oleh menejemen puncak yang berisi, visi, misi, sasaran, dan target organisasi
yang dilaksanakan oleh seluruh jajaran suatu organisasi dalam rangka mencapai
tujuan organisasi tersebut. Terimakasih.
Tags
:
Manajemen