Analisa anggaran usaha Anda Cara Mudah Menyusun dan Mengevaluasi Anggaran |
Accounting Media – Berikut ini adalah beberapa pengertian
Manajemen Perkantoran menurut para ahli.
Edwin
Robinson dan William Leffingwell
"Manajemen
Perkantoran dapat didefinisikan sebagai perencanaan, pengendalian, dan
pengorganisasian pekerjaan perkantoran, serta penggerakkan mereka yang
melaksanakannya agar mencapai tujuan-tujuan yang telah ditentukan lebih
dahulu."
George
R. Terry
"Manajemen
perkantoran adalah perencanaan, pengendalian dan pengorganisasian pekerjaan
perkantoran, serta penggerakan mereka yang melaksanakan agar mencapai
tujuan-tujuan yang telah ditentukan."
Millis
Geoffrey
"Manajemen
kantor adalah seni membimbing personel kantor dalam menggunakan sarana yang
sesuai dengan lingkungannya demi mencapai tujuan yang ditetapkan."
Rifhi
Siddiq
"Manajemen
perkantoran merupakan suatu metode yang dilakukan dengan memperhatikan
fungsi-fungsi manajemen berkaitan dengan pekerjaan perkantoran yang telah
direncanakan sebelumnya. "
W.H.
Evans
"Administrasi
perkantoran merupakan fungsi yang menyangkut manajemen dan pengarahan semua
tahap operasi perusahaan mengenai pengolahan bahan keterangan, komunikasi, dan
ingatan organisasi."
Dengan
demikian, pada pokoknya manajemen perkantoran merupakan rangkaian aktivitas
merencanakan, mengorganisasi (mengatur dan menyusun), mengarahkan (memberikan
arah dan petunjuk), mengawasi dan mengendalikan (melakukan kontrol) sampai
menyelenggarakan secara tertib sesuai tujuan mengenai sesuatu hal atau
kegiatan. Hal atau sasaran yang terkena oleh rangkaian kegiatan itu pada
umumnya ialah pekerjaan perkantoran (office work). Yang termasuk
pekerjaan perkantoran diantaranya:
·
mengetik
(typing)
·
menghitung
(calculating)
·
memeriksa
(checking)
·
menyimpan
warkat/arsip (filing)
·
menelepon
(telephoning)
·
menggandakan
(duplicating)
·
mengirim
surat (mailing)
·
mengadakan
·
mencatat
·
menyortir
Tags
:
Manajemen