Analisa anggaran usaha Anda Cara Mudah Menyusun dan Mengevaluasi Anggaran |
Accounting Media – Promosi merupakan
sarana yang paling ampuh untuk menarik dan mempertahankan konsumennya.
Setidaknya, ada empat macam sarana promosi yang dapat digunakan oleh setiap
pengusaha dalam mempromosikan produknya maupun jasa. Empat macam sarana promosi
yang dapat dipakai adalah:
1. Periklanan
(Advertising). Iklan dapat dipasang
di berbagai media, seperti:
a. Pemasangan
billboard di jalan, tempat atau
lokasi yang strategis.
b. Pencetakan
brosur yang ditempel/disebarkan di setiap pusat perbelanjaan atau tempat-tempat
strategis.
c. Pemasangan
spanduk/umbul-umbul di jalan, tempat atau lokasi yang dianggap strategis.
d. Pemasangan
iklan melalui media cetak, seperti koran, majalah, tabloid, buku, dan lainnya.
e. Pemasangan
iklan melalui media elektronik. Seperti televisi, internet, radio, film, dan
lainnya.
2. Promosi
Penjualan (Sales Promotion).
Tujuannya untuk meningkatkan penjualan atau peningkatan jumlah pelanggan.
Promosi ini dilakukan untuk menaarik pelanggan agar segera membeli setiaap produk
atau jasa yang ditawarkan agar pelanggan tertarik untuk membeli, maka harus
dibuat semenarik mungkin.
3. Publisitas
(Publicity). Merupakan kegiatan untuk
memancing pelanggan melalui kegiatan, seperti pameran, bakti social, serta
kegiatan lainnya. Melalui kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan
pamor/citra perusahaan di mata para konsumennya.
4. Penjualan
Pribadi (Personal Selling). Penjualan
produk yang dilakukan secara langsung oleh salesman
dan atau salesgirl dengan cara dari
pintu ke pintu (door to door).
Tags
:
Kewirausahaan