Analisa anggaran usaha Anda Cara Mudah Menyusun dan Mengevaluasi Anggaran |
Accounting Media – Pemasaran memegang
kunci keberhasilan dalam menggali, memelihara, dan mengembangkan sumber-sumber
penghasilan perusahaan. Berbagai upaya pemasaran yang dilakukan mulai dari
identifikasi dan analisis peluang pasar, memilih pasar sasaran, mengembangkan
bauran pemasaran (marketing mix) dan
pengelolaan terhadap upaya pemasaran dilakukan secara terintegrasi dengan
strategi pencapaian tujuan perusahaan.
Evaluasi secara komprehensif,
sistematis, dan objektif sangat diperlukan oleh perusahaan agar tujuan
perusahaan dapat tercapai. Untuk melakukan evaluasi ini, perusahaan melakukan
audit pemasaran. Audit pemasaran
adalah pengujian yang komprehensif, sistematis, independen, dan dilakukan
secara periodik terhadap lingkungan pemasaran, tujuan, strategi, dan aktivitas
perusahaan atau unit bisnis, untuk menentukan peluang dan area permasalahan
yang terjadi, serta merekomendasikan rencana tindakan untuk meningkatkan
kinerja pemasaran perusahaan. Audit pemasaran lebih menekankan pada evaluasi
terhadap bagaimana efektivitas organisasi pemasaran dalam meningkatkan
kinerjanya.
Sumber artikel ini dari buku Audit Manajemen,
IBK Bhayangkara, Penerbit Salemba Empat. Terimakasih.
Tags
:
Auditing