Analisa anggaran usaha Anda Cara Mudah Menyusun dan Mengevaluasi Anggaran |
Accounting Media – Segmen Pasar adalah sekelompok pelanggan tertentu yang mempunyai
tanggapan yang relatif sama terhadap dorongan membeli yang dilakukan oleh pihak
pemasaran. Kelompok ini biasanya memiliki karakteristik, kebutuhan, dan
keinginan yang relatif sama sehingga akan memberikan respon yang relatif sama
pula.
Penentuan segmen pasar ini berguna untuk
memperjelas pelanggan mana yang akan kamu layani nanti. Apabila kamu tidak
mengetahui siapa pelanggan yang akan dilayani, maka kamu akan menawarkan produk
dan jasa kamu kepada siapa saja tanpa arah yang jelas.
Cara mengidentifikasi menurut Philip
Kotler ada 3 (tiga) cara, yaitu:
1. Segmentasi
pasar menurut kelompok demografis. Target marketnya digolongkan menurut
usia/umur. Contoh: target marketnya ramaja usia 15-24 tahun.
2. Segmentasi
pasar kedalam kelompok-kelompok kebutuhan. Misalnya, target maketnya adalah
wanita bekerja yang menginginkan kemudahan dalam berbelanja.
3. Segmen
pasar berdasarkan kelompok-kelompok perilaku. Target marketnya didasarkan pada
perilaku dan gaya hidup. Contoh: target marketnya remaja yang hidup konsumtif
dalam membeli pakaian.
Sumber artikel ini dari buku Siswa Juga
Bisa Jadi Pengusaha oleh Wulan Ayodya, Penerbit Esensi. Silahkan beli buku yang
asli untuk mendapatkan pengetahuan dan tips menarik lainnya. Terimakasih.
Tags
:
Marketing