Analisa anggaran usaha Anda Cara Mudah Menyusun dan Mengevaluasi Anggaran |
Accounting Media – Total Quality Management (TQM) atau Manajemen Mutu Terpadu (MMT)
adalah filosofi dan budaya (kerja) organisasi (philosophy of management) yang berorientasi pada kualitas. Tujuan yang
akan dicapai dalam organisasi dengan budaya TQM adalah memenuhi atau bahkan
melebihi apa yang dibutuhkan dan yang diharapkan atau diinginkan oleh pelanggan
(Sashkin dan Kisser, 1993:75).
Singkatnya TQM adalah perpaduan semua
fungsi dari perusahan yang dibangun berdasarkan konsep kualitas, teamwork, produktivitas dan pengertian
serta kepuasan pelanggan. TQM merupakan sistem manajemen yang mengangkat
kualitas sebagai strategi usaha dan berorientasi pada kepuasan pelanggan dengan
melibatkan seluruh anggota organisasi. Pengertian TQM lainnya, TQM merupakan
suatu pendekatan dalam menjalankan usaha yang mencoba untuk memaksimalkan daya
saing organisasi melalui perbaikan terus-menerus atas produk, jasa, manusia,
proses, dan lingkungannya,
Sumber artikel ini berasal dari buku
Manajemen Syari’ah (Implementasi TQM dalam Lembaga Kauangan Syari’ah), Kuat
Ismanto, Penerbit Pustaka Pelajar. Terimakasih.
Tags
:
Manajemen