Analisa anggaran usaha Anda Cara Mudah Menyusun dan Mengevaluasi Anggaran |
Accounting Media – Suatu transaksi yang terjadi harus
disertai bukti transaksi. Tanpa adanya bukti transaksi, tidak boleh dilakukan
pencatatan akuntansi. Ada bermacam bukti transaksi, antara lain faktur, nota
debit, nota kredit, kwitansi, nota kontan, dan cek.
Faktur
adalah bukti transaksi atas pembelian dan penjualan barang (secara kredit).
Faktur pada hakikatnya merupakan permintaan pembayaran dari penjual kepada
pembeli.
Nota
Debit adalah bukti transaksi atas pengembalian barang
yang sudah dibeli kepada penjual karena barang yang dibeli ada yang rusak atau
tidak sesuai pesanan.
Nota
Kredit adalah bukti transaksi retur dan pengurangan harga
penjualan (bagi penjual) atau pengurangan harga pembelian (bagi pembeli).
Kwitansi
adalah bukti transaksi penerimaan uang tunai dari pihak ketiga dan
pembayaran/pengeluaran uang tunai untuk pihak ketiga.
Nota
Kontan adalah bukti transaksi pengeluaran uang tunai untuk
pembelian barang atau pembayaran jasa yang nominalnya relatif kecil.
Cek
adalah surat perintah kepada bank untuk membayarkan sejumlah uang kepada pihak
yang disebutkan dalam surat/cek tersebut.
Sumber Pustaka: Rusdarti, dan
Kusmuriyanto. 2008. EKONOMI Fenomena di
Sekitar Kita. Solo: Platinum (PT Tiga Serangkai Pustaka Mandiri)
Tags
:
Akuntansi