Pengertian Risiko Menurut Para Ahli

Pada artikel kali ini akan dijelaskan mengenai pengertian risiko (risk) yang dikemukakan oleh beberapa ahli. Istilah risiko sudah biasa dipakai dalam kehiduan kita sehari-hari, yang umumnya sudah dipahami secara intuituf. Tetapi pengertian secara ilmiah dari risiko sampai saat ini masih tetap beragam, yaitu antara lain :

Aplikasi Penyusunan Anggaran

Analisa anggaran usaha Anda

Cara Mudah Menyusun dan Mengevaluasi Anggaran


Risiko adalah suatu variasi dari hasil-hasil yang dapat terjadi selama periode tertentu. (Arthur Williams dan Richard, M.H)
Risiko adalah ketidakpastian (uncertainly) yang mungkin melahirkan peristiwa kerugian (loss). (A. Abas Salim)
Risiko adalah ketidakpastian atas terjadinya suatu peristiwa. (Soekarto)
Risiko merupakan penyebaran/penyimpangan hasil actual dari hasil yang diharapkan. (Herman Darmawi)
Risiko adalah probabilitas sesuatu hasil/outcome yang berbeda dengan yang diharapkan. (Herman Darmawi)

Dari definisi-definisi tersebut dapat disimpulkan bahwa risiko selalu dihubungkan dengan kemungkinan terjadinya sesuatu yang merugikan yang tidak diduga/ tidak diinginkan. Dengan demikian risiko mempunyai karakteristik :
1.     Merupakan ketidakpastian atas terjadinya suatu peristiwa.
2.     Merupakan ketidakpastian bila terjadi akan menimbulkan kerugian.

Wujud dari risiko itu dapat bermacam-macam, antara lain :
1.   Berupa kerugian atas harta/kekayaan atau penghasilan, misalnya diakibatkan oleh kebakaran, pencurian, pengangguran, dan sebagainya.
2.     Berupa penderitaan seseorang, misalnya sakit/cacat karena kecelakaan.
3.     Berupa tanggung jawab hukum, misalnya risiko dari perbuatan atau peristiwa yang merugikan orang lain.
4.    Berupa kerugian karena perubahan keadaan pasar, misalnya terjadinya perubahan harga, perubahan selera konsumen dan sebagainya.

Sumber Pustaka :
Djojosoedarso, Soeisno. 2003. Prinsip – Prinsip Manajemen Risiko Asuransi. Jakarta : Penerbit Salemba Empat

Related : Pengertian Risiko Menurut Para Ahli

  • Pengertian Manajemen Pada postingan kali ini accounting-media.blogspot.com akan menjelaskan secara singkat mengenai pengertian manajemen, proses manajemen, dan tingkatan manajemen. Tidak di ...
  • Pengertian Sistem Manajemen DatabaseSalah satu dampak dari perkembangan tekhologi saat ini adalah perkembangan informasi teknologi komputer (ICT = Information Computer and Technology). Hal ini turut mempen ...
  • Pengertian Pengendalian InternalApa yang dimaksud dengan Pengendalian Internal? Pengendalian Internal merupakan suatu sistem yang meliputi struktur organisasi beserta semua mekanisme dan ukuran-ukuran ...
  • Manajemen Kas o  Kas dapat diartikan sebagai nilai uang kontan yang ada dalam perusahaan beserta pos-pos lain yang dalam waktu dekat dapat diuangkan sebagai alat pembayaran keb ...
  • Nilai Guna ArsipNilai guna arsip adalah nilai arsip yang didasarkan pada kegunaannya bagi organisasi. Nilai guna arsip ini merupakan dasar penentuan jadwal retensi bagi masing-masing do ...