Analisa anggaran usaha Anda Cara Mudah Menyusun dan Mengevaluasi Anggaran |
Menjalankan bisnis tentu tidak
lengkap tanpa pembukuan keuangan. Dalam setiap transaksi keuangan yang
dilakukan dalam berbisnis, tentunya Anda membutuhkan pembukuan keuangan untuk
mengetahui keuntungan, kerugian, serta biaya yang paling besar atau paling
kecil dalam setiap transaksi
Pembukuan keuangan ini dapat
dibuat bagi Anda yang memiliki bisnis kecil maupun besar sekalipun. Meskipun
pembukuan keuangan ini terbilang harus rinci dan tertulis dengan lengkap, namun
manfaatnya sangat besar untuk bisnis yang Anda jalankan. Ingin tahu penjelasan
lengkapnya? Simak poin-poin dibawah ini
Pengertian Pembukuan Keuangan Sederhana
Pembukuan merupakan proses pengumpulan
data dan informasi yang dilakukan dengan cara mencatat. Pembukuan keuangan
merupakan proses pencatatan yang dilakukan secara teratur berkaitan dengan
modal, penghasilan, biaya, harta, kewajiban, dan lain sebagainya.
Biasanya, data dan informasi yang
dicatat dari pembukuan keuangan sederhana ini digunakan untuk menyusun laporan
keuangan berupa neraca, laporan keuntungan dan kerugian perusahaan dalam satu
tahun periode pajak.
Manfaat Pembukuan Keuangan Sederhana
Manfaat menggunakan pembukuan
keuangan sederhana ini bermacam-macam. Anda dapat memperoleh setiap manfaat
dari satu aktivitas pembukuan yang dilakukan setiap harinya. Jika Anda
melakukan dengan rutin, maka akan mendapatkan manfaat yang besar dari aktivitas
ini.
1.
Mengetahui
laba dan rugi perusahaan
Dalam setiap
aktivitas transaksi yang Anda lakukan melalui pembukuan keuangan sederhana ini
dapat diketahui besarnya nominal biaya serta pemasukan yang diterima. Dalam hal
ini, pihak perusahaan dapat memantau dan menganalisis rincian tersebut untuk
memproses tindakan lebih lanjut.
Dengan
mengetahui detail transaksi yang tertulis, maka pihak perusahaan akan
mengetahui perkembangan keuangan bisnis yang dijalankan baik dalam bentuk
kerugian maupun keuntungan. Sehingga dapat dilakukan kebijakan yang tepat
selanjutnya.
2.
Mengetahui
detail transaksi yang dilakukan
Jika setiap
transaksi dicatat dan dimasukkan dalam pembukuan, maka data administrasi Anda
akan lengkap. Pencatatan yang rapi dan teliti beserta nominalnya akan
memberikan pengaruh yang bagus terhadap bisnis yang Anda jalankan.
3.
Bahan
penilaian bisnis
Pencatatan
pembukuan keuangan ini dapat menjadi salah satu gambaran bagaimana bisnis yang
Anda jalankan. Dengan catatan yang rinci mengenai keuangan Anda dapat menyusun
strategi untuk kebijakan yang lebih baik berkaitan dengan penyesuaian terhadap
pendapatan yang diperoleh.
Metode Pembukuan Keuangan Sederhana
Terdapat dua metode yang dapat
digunakan pada saat pembuatan pembukuan keuangan sederhana, yaitu pembukuan
masukan tunggal dan pembukuan berpasangan. Pembukuan masukan tunggal merupakan
sumber catatan pembukuan yang terdiri dari pendapatan dan pengeluaran saja.
Biasanya pencatatan dengan metode ini digunakan oleh perusahaan kecil dengan
transaksi yang sedikit saja.
Sedangkan pembukuan dengan metode
berpasangan merupakan dua akun yang terdiri dari akun pemasukan (debit) dan
akun pengeluaran (kredit). Biasanya metode ini digunakan oleh bisnis yang telah
berkembang pesat serta membutuhkan sistem yang lebih detail.
Tahap Melakukan Pembukuan Keuangan Sederhana
Jika Anda sudah memiliki bisnis
yang dijalankan, jangan lupa untuk membuat pembukuan keuangan dengan tahapan
seperti berikut ini.
1. Memisahkan
rekening pribadi dan bisnis
Jika Anda
memiliki bisnis bahkan pada saat merintis pun, harus memisahkan antara rekening
pribadi dan rekening bisnis. Hal ini dilakukan agar memisahkan harta yang
dimiliki secara pribadi maupun harta dari bisnis yang Anda jalankan.
2.
Membuat
detail format pembukuan keuangan sederhana
Dengan membuat
format pembukuan yang singkat, padat, dan jelas maka pembukuan yang Anda buat
juga semakin bagus. Setiap orang dapat melihat arus keluar masuknya uang dari
bisnis yang Anda jalankan.
3.
Mencatat
transaksi dengan rinci
Jika Anda memiliki
pegawai maupun Anda sendiri yang melakukan pencatatan, pastikan Anda telah
mencatat setiap transaksi secara rinci agar dapat mengetahui pemasukan dan
pengeluaran dari transaksi yang Anda lakukan.
Contoh Pembukuan Keuangan Sederhana
Bagi Anda yang memiliki usaha
mikro dan menengah serta ingin membuat laporan pembukuan keuangan sederhana.
Berikut ini akan kami jelaskan beberapa jenis laporan pembukuan sederhana yang
wajib dibuat dan juga contoh pembukan keuangan sederhana secara lebih lengkap.
Contoh Pembukuan Keuangan Neraca Keuangan Sederhana
Pembukuan keuangan sederhana
pertama yang wajib dibuat adalah laporan neraca keuangan. Anda bisa membuat
neraca keuangan sederhana seperti pada gambar berikut ini. Akun rekening dapat
Anda sesuaikan dengan bidang usaha yang dijalankan.
Pembukuan Keuangan Laporan Laba Rugi Sederhana
Pembukuan keuangan sederhana
berikutnya yang bisa Anda buat juga adalah laporan laba rugi untuk mengetahui
laba dari usaha Anda. Anda bisa coba buat laporan laba rugi seperti contoh
pembukuan keuangan sederhana laba rugi beirkut ini.
Contoh Pembukuan Keuangan Laporan Arus Kas Sederhana
Anda juga bisa membuat laporan
pembukuan keuangan sederhana berupa arus kas seperti berikut ini. Untuk
mengetahui aktivitas transaksi kas masuk dan kas keluar.
Contoh Pembukuan Keuangan Laporan Perubahan Modal Sederhana
Yang terakhir, Anda bisa buat
pembukuan keuangan sederhana berupa laporan perubahan modal atau perubahan
ekuitas seperti contoh berikut ini.
Demikian penjelasan tentang
pembukuan keuangan sederhana ini. Semoga dapat membantu Anda dalam memahami dan
menjadi informasi dari pembukuan keuangan Anda. Selamat mencoba!